SISTEM OPERASI

PENGERTIAN SISTEM OPERASI DAN JENISNYA

PENGERTIAN SISTEM OPERASI

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

  1. Sistem Operasi Stand Alone

Sesuai namanya, sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

A. Sistem Operasi DOS

Jenis sistem operasi pertama yang masuk ke dalam sistem operasi stand alone adalah sistem operasi DOS. DOS sendiri merupakan kependekan dari Disk Operating System, yang berarti merupakan sebuah sistem operasi yang menggunakan Disk untuk dapat bekerja. Disk yang dimaksud di sini adalah harddisk dari komputer itu sendiri. DOS merupakan salah satu sistem operasi komputer yang kuno, alias jadul.

DOS merupakan sistem operasi yang sifatnya single user, dan merupakan salah satu sistem operasi tanpa media grafis, sehingga user hanya dihadapkan pada sebuah tampilan layar hitam dengan tulisan putih. Penggunaan DOS awalnya digunakan pada komputer – komputer terbitan IBM, yang dikhususkan untuk penggunaan bisnis. DOS sendiri pada saat itu seperti dijajah oleh Microsoft, karena pada saat itu, Microsoft mengembangkan sistem DOS ini, sehingga kita mengenal nama sistem operas MS – DOS.

Cara kerja sistem operasi DOS

Sistem operasi DOS memilki cara kerja yang rumit dan juga kompleks. User yang menggunakan sistem operasi ini dituntut untuk mampu memahami perintah – perintah dan juga command dari sebuah komputer agar dapat mengoperasikan komputer. Tampilan dari sistem operasi ini yang tidak menggunakan gambar menambah kerumitan dari penggunaan sistem operasi DOS ini.

B. Sistem Operasi Microsoft Windows

Setelah era DOS berakhir, maka muncullah berbagai sistem operasi lain, dimana banyak perusahaan teknologi berlomba – lomba untuk menciptakan sistem operasi yang user friendly dan mudah untuk digunakan. Salah satunya adalah sistem operasi Windows, yang ditelurkan oleh Microsoft Inc. Microsoft Windows saat ini merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer, dimana hampir lebih dari 90% user di dunia menggunakan sistem operasi ini. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975, dan masih berkembang hingga saat ini, dalam menciptakan berbagai pembaruan dari sistem operasi mereka.

Daftar sistem operasi pengembangan Windows

Microsoft Windows sebenarnya bisa masuk ke dalam dua kategori sistem operasi, yaitu sistem operasi stand alone dan juga sistem operasi jaringan. Untuk kategori sistem operasi Stand alone, berikut ini adalah beberapa pengembangan dari sistem operasi yang populer tersebut :

  • Windows 1.0
  • Windows 2.0
  • Windows 3.0
  • Windows 3.1 (Janus)
  • Windows 95 (Chicago)
  • Windows 98 (Memphis
  • Windows Milenium Edition
  • Windows NT 3.1
  • Windows NT 3.5 (Daytona)
  • Windows 2000 (Windows NT 5.0)
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 8.1
  • Windows 10

Itulah seluruh sistem operasi Stand alone yang sudah dikembangkan oleh Microsoft Windows, mulai dari awal hingga saat ini. Disebutkan bahwa Windows 10 adalah generasi terakhir dari sistem operasi Windows, yang diklaim memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki banyak sekali fitur – fitur yang sangat menarik di dalamnya.

Kelebihan Microsoft Windows

Salah satu hal yang membuat sistem operasi miliki Microsoft Windows menjadi sangat populer adalah karena Windows merupakan salah satu sistem operasi yang cukup menarik dan mudah untuk dipelajari. Hal ini terbukti bahwa banyak sekali orang yang mengerti dan mampu melakukan troubleshooting terhadap sistem operasi windows ini.Selain itu, Windows juga memiliki user interface yang cukup menarik dan juga mudah untuk dipergunakan, ditambah lagi dengan dukungan berbagai macam aplikasi dan juga fitur, seperti game dan juga aplikasi dan software lainnya.

C. Sistem Operasi Mac OS

Sistem operasi stand alone berikutnya adalah sistem operasi Mac OS. Mac OS atau Macintosh ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi pesaing dari Microsoft Corporation, yaitu Apple Inc. Merupakan sistem operasi yang ekslusif untuk digunakan pada produk keluaran Apple saja, seperti Mac Book dan juga berbagai komputer desktop lainnya yang dikeluarkan oleh Apple. Banyak orang yang juga menganggap bahwa Mac OS merupakan sabuah sistem Operasi yang masuk ke dalam keluarga sistem operasi UNIX.

Sistem operasi ini, diluncurkan pada bulan Januari tahun 1984, yang mana merupakan jangka waktu yang cukup jauh apabila dibandingkan dengan peluncuran dari sistem operasi Windows. Meski demikian, nyatanya saat ini Mac OS juga menjadi salah astu sistem operasi yang populer untuk digunakan, terlebih lagi karena nilai prestige dan juga ke ekslusifannya.

Daftar sistem Operasi pengembangan dari Mac OS :

  • Mac OS System 1
  • Mac OS System 2
  • Mac OS System 3
  • Mac OS System 4
  • Mac OS System 5
  • Mac – OS System 6
  • Mac OS System 7
  • Mac OS System 8
  • Mac OS System 9
  • Mac OS X (10)

Hingga saat ini, Mac OS X masih terus dikembangkan untuk produk – produk dari komputer yang dikeluarkan Apple Inc.

Kelebihan dari Sistem Operasi Mac OS

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh sistem operasi Mac OS adalah nilai ekslusifitas. Mac OS yang merupakan sistem operasi yang dibenamkan hanya apda komputer Apple saja, membuat nilai dari sistem operasi ini menjadi sangat ekslusif. Selain itu, Mac OS jga merupakan salah satu sistem operasi yang memilik fitur – fitur grafis yang menarik, dan juga sangat user friendly. Dukungan aplikasi dan juga software dari sistem operasi ini juga cukup banyak dan juga lengkap, sehingga Mac OS bisa menempel sisem operasi Windows dan menjadi salah satu sistem operasi komputer yang terbesar di dunia.

D. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi komputer berikutnya adalah sistem operasi LINUX. Lineux merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer, dan juga cukup dikenal oleh banyak orang, namun demikian penggunaannya tidak sebanyak sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, alias terbuka. Maka dari itu, banyak sekali jenis – jenis sistem operasi yang dikembangkan, dengan menggunakan basis sistem operasi Linux ini.

Salah satu ciri khas dari sistem operasi LINUX ini adalah logonya yang simple dan juga lucu, yaitu seekor penguin bernama tux. Logo ini, meskipun sederhana, namun ternyata cukup menarik perhatian banyak orang untuk bertanya – Tanya, apa sih linux itu?

Linux sendiri, versi petamanya mulai diluncurkan pada era 1991, dan komponen dari sistem operasi LINUX ini diciptakan dan juga dikembangkan oleh projek GNU, yang merupakan salah satu proyek aplikasi atau software gratis (free software) yang cukup terkenal.

Berbeda dengan sistem operasi Windows dan juga Maco OS yang selalu memberikan pembaruan versi secara berkala, maka Linux berbeda. Linux memberikan kebebasan bagi para programmer untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri, dengan basis LINUX, yang akhirnya terbagi menjadi beberapa jenis distro linux, yang bisa dikembangkan dalam menciptakan dan mengembangkan sistem operasi sendiri, yaitu :

  • Red Hat
  • Debian
  • Slackware
  • SuSE
  • Mandrake
  • WinLinx
  • Dan masih banyak lagi distro – ditro linux, sesuai dengan spesifikasinya

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Salah satu hal yan menyebabkan linux banyak dikenal adalah, karena linux merupakan sistem operas komputer yang bersifat open source. Open source, selain berarti sistem operasi, dan segala isinya bisa diperoleh dengan mudah dan juga hampir gratis, Linux juga dapat dimodifikasi dengan mudah. Source code nya yang terbukk adan free to edit, dapat digunakan oleh para programmer untuk mengutak – atik dan menciptakan serta mengembangkan sendiri sistem operasi yang mereka inginkan berbasis Linux. Karena itu, hingga saat ini sudah banyak sekali sistem operasi yang diciptakan dengan menggunakan basis Linux.

Sistem Operasi UNIX

Meskipun sama – sama berakhiran ix, namun linux dan juga UNIX adalah sistem operasi yang berbeda. UNIX sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang berfungsi sebagai kategori sistem operasi Stand Alone, maupun sistem operasi dalam jaringan. SIstem operasi UNIX ini pertama kali diciptakan oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie pada tahun 1969. Kemudian, Sistem operasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi yang besar di Amerika, yaitu AT&T Bell Labs. UNIX jarang kita temui sebagai salah satu sistem operasi yang digunakan oleh user komputer secara umum, karena kebanyakan sistem operasi UNIX digunakan untuk modifikasi dan pengembangan sistem operasi baru yang berbasi UNIX. Bahkan salah satu sistem operasi yang terkenal, seperti Macintosh merupakan salah satu sistem operasi yang masih dianggap masuk ke dalam keluarga berbasis UNIX. Hingga saat ini, sistem operasi UNIX banyak diaplikasikan sebagai sistem operasi yang sifatnya eksperimental, yang maa UNIX digunakan sebagai dasar untuk menciptakan dan mengembangkan OS atau sistem operasi yang baru.

Kelebihan dari UNIX

Sistem operasi UNIX sendiri diklaim memiliki sistem yang sangat kompatibel dan juga sangat mudah untuk dimodifikasi dan juga dkembangkan. Inilah yang kemudian membuat UNIX menjadi salah satu basis sistem operasi yang banyak dkembangkan di dunia.

Beberapa jenis UNIX

Ada beberapa jenis atau nama varian dari UNIX, yang merupakan sistem operasi hasil pengembangan dari basis UNIX, seperti :

  • A/UX, Doman/X, Darwin yang dikembangkan oleh Apple Computer yang merupakan basis dari sistem operasi Mac OS
  • CTIX dan Distrix, yang dikembangkan oleh Convergent technology
  • UniCOS, yang dikembangkan oleh Cray Research
  • DG/UX yang dikembangkan oleh Data General Corporation
  • Digital UNIX dan juga Ultrix, yang dikembangkan oleh Digital Equipment
  • HP/UX yang dikembangkan oleh Hewlett Packard
  • UNIX Ware yang dikembangkan oleh Novell Incorporated
  • SINIX, yang dikembangkan oleh Siemens Corporation
  • Solaris, yang dikembangkan oleh Sun Microsystem
  • Uniplus, yang dikembangkan oleh Unisoft Corporation
  • Linux, Free BSD, Open BSD, Next Step, Net BSD, dan masih banyak lagi varian dari hasil modifikasi sistem operasi UNIX.

E. Sistem Operasi Amiga

Sistem operasi Amiga atau Amiga OS merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan juga dikembangkan untuk kebutuhan komputer Amiga. Amiga meruakan komputer pribadi atau PC yang dikembangkan oleh Commodore International, dengan sistem operasi pertama yang diperkenalkan adalah Amiga 1000. Sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan processor 1 dan juga 32 bit. Amiga OS saat ini hak patennya dipegang oleh Amiga Inc, yang dibantu oleh Hyperion Entertainment dalam pengembangan Amiga OS 4. Amiga memang merupakan sistem operasi yang kurang populer di kalangan  masyarakat umum.

F. Garuda OS

Merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan di Negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Garuda OS merupakan sistem operasi komputer berbasis Linux, yan g dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memperoleh sistem operasi yang sifatnya freeware, namun tetap original dan juga memiliiki standar nasional Indonesia, atau SNI. Garuda OS secara spesifik berbasis PC Linux OS Fullmonty Edition, yang memilki banyak kelebihan. Namun sayang, sistem operasi Garuda OS ini juga masih kurang populer di kalangan user di Indonesia, karena penggalangan untuk menggunakan opensource dan juga freeware masih kurang optimal, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

G. Sistem Operasi Google Chrome

Merupakan sistem operasi buatan Google Inc, yang menggunakan basis Linux sebagai sistem operasi pengembangannya. Google Chrome OS ini merupakan sistem operasi yang sifatnya open source, yang diluncurkan pada tahun 2009, tepatnya 7 Juli. Sistem operasi ini, sayangnya tidak berlaku universal, karena hanya bisa diterapkan pada komputer yang suah dirangcang khusus sehingga kompatibel dengan sistem operasi Google Chrome ini. Dengan menggunakan sistem operasi Google Chrome, maka usernya akan dapat menikmati pengalaman ereka dalam melakukan pencarian di dalam internet, dan lebih ditujukan bagi kebutuhan berinternet pada usernya.

H. Sistem Operasi Be OS

Be OS merupakan sistem operasi untuk sebuah PC atau personal computer yang dikembangkan oleh B Inc. Be OS pada awalnya dibuat untuk berjalan dan befungsi pada perangkat keras keluaran Be, yaitu Be Box, yang mulai dikembangkan pada tahun 1991. Be Box mengandalkan multiptocessing Simetric, dan menggunakan bandwith modulae, serta memilik kemampuan untuk melakukan preemptive multitasking.

I. Sun Solaris OS

Sun Solaris merupakan siste operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sun Solaris OS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX, yang dikembangkan pada tahun 1992 untuk mendukung sistem operasi sebelumnya, yaitu sistem operasi Sun. Sun Solaris ini terkenal akan kestabilannya, dan juga memiliki pilihan kpemilikan, yaitu lisensi pribadi, ataupun sistem operasi yang sifatnya terbuka atau open source. Untuk sistem operasi yang opensource, bernama open solaris.

J. Sistem Operasi Blank On

Merupakan sistem operasi berbasis Linux lainnya yang dikembangkan oleh para pecinta Linux di tanah air. Blank On ini dikembangkan oleh YPLI, dan merupakan sistem operasi berabsis Linuc yang sengaja dikembangkan untuk mendukung kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer pada umumnya, terutama dalam bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Namun demikian, tetap saja, sistem operasi ini masih kalah pamor dibandingkan dengan siste operasi populer, seperti Windows dan juga Mac OS.

K. Sistem Operasi Jaringan

Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

L. Sistem Operasi Embedded

Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

M. Sistem Operasi Live Cd

Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

 

  1. Sistem Operasi Jaringan

Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

Contoh Kategori Sistem Operasi jaringan

A. Novell NetWare

Sistem operasi jaringan yang pertama adalah sistem operasai Novell NetWare. Sesuai dengan namanya, sistem operasi ini memang khusus dibuat dan juga dkembangkan untuk kepentingan Net atau jaringan. Novell NetWare ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM, sebagai salah satu perusahaan teknolog yang sangat besar. Novell Netware ini bekerja dengan menggunakan protokl jaringan dari Xerox XNS. Novell Netware mulai dikembangkan pada era 1983, dimana pada saat ini sisitem jaringna komputer sudah mulai berkembang dan banyak digunakan.

Seri dan perkembangan varian dari Novell Netware

Dari pertama kali dikembangkan hingga saat ini, Novell Netware sudah mengalami banyak pembaruan dan juga pengembangan, yang dapat dilihat dari beberapa versi dari Novell NetWare tersebut, yaitu :

  • Netware 286 2.X
  • Netware 3.X
  • Netware 4.X
  • Netware for OS/2
  • Netware 4.1.X
  • Netware 5.X
  • Netware 6.0
  • Netware 6.5

B. Windows Server

Salah satu sistem operasi yang populer di kalangan user di dunia, yait Microsoft Windows juga mendukung kebutuhan usernya di bidang jaringan komputer. Hal ini dibuktikan dari penggunaan Microsoft Windows Server yang banyak dan juga cukup populer untuk digunakan sebagai salah satu sistem operasi yang menjalankan sebuah koputer server. Untuk lebih jelasnya megnenai Windows Server ini, maka berikut ini adalah beberapa generasi dan juga versi dari Windows Server yang sudah dikembangkan :

  • Windows Server 2003, yang menggunakan platform Windows XP, dengan nama Whistler Server, XP Server, dan .NET Server
  • Windows Home Server, merupakan pengembangan dari Windows Home Server
  • Windows Server 2008, merupakan Windows Server yang dikembangkan dengan basis Windows Vista
  • Windows Server 2008 R2, dengan basis Windows 7 dan bernama Windows 7 Server
  • Windows Server 2012, dengan basis Windows 8
  • Windows Server 2012 R2, dengan basis Windows 8.1

C. UNIX

Seperti penjelasan sebelumnya, UNIX merupakan sebuah sistme operasi yang sifatnya mudah untuk dikembangkan dan juga dimodifikasi. Banyak pengembang yang membuat sistem operasi berbasai UNIX menjadi sebuah sistem operasi untuk server. UNIX sendiri pada dasarnya juga sudah mumpuni dan memiliki fitur sebagai sistem operasi yang digunakan pada sebuah server komputer.

D. Linux

Linux memiliki ciri khas berupa distro – distronya, yang merupakan hasil pengembangan dari sistem operasi yang sifatnya open source ini. beberapa sistem operasi Linux, seperti Debian, Mandrake dan juga Redhat adalah tiga distro linux yang paling sering digunakan sebagai sistem operasi pada sebuah server jaringan komputer.

E. Sun Solaris

Selain sebagai sistem operasi yang sifatnya stand alone dan digunakan sebagai workstation, Sun Solaris juga memiliki kemampuan untuk menjadi sistem operasi yang dapat mengoperesaikan sebuah komputer server. Ini merupakan kelebihan dari sistem operasi Solaris, yang mampu bekerja baik sebagai komputer user, ataupun komputer server.

F. Mac OS Server

Sama seperti Microsoft Windows, Mac OS selain menyediakan kebutuhan sistem oeprasi yang sifatnya stand alone dan digunakan sebagai single user, juga menyediakan kebutuhan sistem operasi untuk penggunaan jaringan. Ada beberapa versi dari Sistem operasi Mac OS untuk jaringan atau Mac OS Server, yaitu :

  • Mac OS X Server 1.0
  • Mac OS X Server 10.1
  • Mac OS X Server 10.2
  • Mac OS X Server 10.3
  • Mac OS X Server 10.4

 

  1. Sistem Operasi Embedded

Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

Contoh Sistem Operasi Embedded

A. Windows Mobile / Windows Phone

Merupakan versi Embedded dari Sistem operasi Windows, yaitu windows mobile, atau yang juga sering kta kenal dengan nama Windows Phone / WP. Windows Phone diikembangkan dengan nama Windows Pocket PC pada tahun 2000 untuk memenuhi kebutuhan para user yang sifatnya mobile, dan sering menggunakan smartphone. Saat ini, sistem operasi Windows Mobile sudah banyak terdapat pada beberapa smartphone yang populer di kalangan masyarakat dunia.

B. Palm OS

Palm merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming sebentar saja. Saat ini Palm sudah sangat tidak populer, karena sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya.

Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

C. Embedded Linux

Merupakan sistem operasi versi embedded dari sistem operasi Linux. Sistem opereasi Embedded Linux ini memang kurang populer dan juga penjelasan serta fitur – fitur utama dari sistem operas ini pun masih kurang begitu lengkap.

D. Sistem Operasi Symbian

Symbian merupakan sistem operasi dari sebuah smartphone, yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat mobile milik Nokia. Symbian merupakan sistem operasi yang memungkinkan setiap usernya memiliki sebuah smartphone yang pintar, namun tetap dengan spesifikasi yang standar, dan tidak terlalu besar.

E. Android OS

Merupakan sistem operasi yang sangat populer saat ini. Android OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh google, dengan modifikasi dan juga pengenmbagan dari sistem operasi LINUX. Saat ini, android sudah menjadi salah satu sistem operasi standar yang banyak digunakan pada berbagai macam smartphone di seluruh dunia.

F. iOS

Merupakan sistem oeprasi Embedded milik Apple. Sistem operasi ini emrupakan sebuah sistem operasi yang dikhususkan secara ekslusif bagi seluruh smartphone yang dikeliarkan oleh Apple Inc, seperti iPhone, iPod, dan juga iPad. Sistem operasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple, dan juga masih merupakan pengembangan dari sistem operasi Mac OS.

 

  1. Sistem Operasi Live Cd

Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

A. Microsoft Windows Mini PE

Merupakan versi Live CD dari sistem operasi Microsoft Windows, yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Saat ini memang sistem operasi Live CD sudah tidak populer, mengingat komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun sudah mamp untuk menjalakan sistem operasi milik Microsoft Windows.

B. Ubuntu

Merupakan sistem operasi Live CD yang merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux. UBUNTU merupakan sistem operasi yang brbasis Debian Linux, dan meruapakan salah satu sistem operasi Linux yang mungkin banyak dikenal oleh banyak user.

C. Knoppix

Knoppix juga merupakan salah satu sistem operasi Live CD yang dikembangkan dari modifikasi opensource milik Linux, tepatnya adalah distro Debian – Linux.

 

PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI WINDOWS, LINUX, DAN MAC OS

 

KEGUNAAN DAN JENIS UTILITY SYSTEMS DAN CONTOHNYA

KEGUNAAN UTILITY SYSTEMS

Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik.

Kebanyakan perangkat keras utilitas ini dibuat secara khsus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.

JENIS DAN CONTOH PROGRAM UTILITY SYSTEMS

  • Program Utilitas Internal (bawaan)

Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows, secara default sudah terinstall pada saat selesai menginstall Windows.

Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain. Utility internal banyak terdapat di Control Panel, misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain.

A. File Manager

File Manager adalah Program utilitas yang melakukan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen file, seperti  memformat dan menyalin disk, menampilkan daftar file, memeriksa jumlah ruang yang digunakan dan ruang kosong pada media penyimpanan, mengorganisasikan, merename, menghapus, memindahkan dan mengurutkan file-file. Untuk melakukan file manager salah satunya dengan cara mengklik langsung file/data yang ingin di managemen, lalu silahkan pilih perintah managemen apa yang ingin dilakukan.

B. Personal Firewall

Personal Firewall  adalah program utiltas yang berfungsi untuk mendeteksi dan melindungi komputer dari usaha computer lain untuk masuk ke komputer tanpa izin.

Personal Firewall untuk mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized intrusions).

C. Disk Defragmenter

Disk Defragmenter adalah program utilitas yang menata kembali file-file dan ruang-ruang kosong pada hardisk komputer agar sistem operasi dapat mengakses data dan program dapat berjalan ledih cepat.

Fungsi Defrag adalah mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan, dan menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan.Defrag perlu dilakukan secara teratur untuk dalam waktu mungkin 1-2 minggu sekali.

D. Utilitas Backup

Utilitas Backup adalah suatu program utilitas yang memungkinan pengguna untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard disk ke media lain seperti CD, DVD, dll

Backup Utility berfungsi untuk melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape.   Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih  kecil.

E. Utilitas Diagnostik

Utilitas Diagnostik berfungsi untuk mengumpulkan informasi teknis mengenai hardware dan software tertentu dari komputer kemudian membuat laporan yang menggarisbawahi masalah-masalah yang teridentifikasi.

F. Image Viewer

Image Viewer adalah program utilitas yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan, menyalin dan mencetak isi dari file gambar.

G. Disk Scanner

Disk Scanner adalah utilitas yang diinstal pada sistem komputer untuk membaca kesalahan dalam rangka untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Ini berarti mengoreksi kesalahan yang mencegah program berjalan dengan baik. Disk scanner mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah fisik maupun logis pada hard disk serta mencari dan menghapus/membersihkanfile-file yang tidak diperlukan. Pada dasarnya, disk scanner meningkatkan memori system,dalam rangka untuk mencegah dari overloading sementara operasi.

H. Uninstaller

Uninstaller adalah program utilitas untuk menghapus program dan berkas-berkas yang berkaitan dengan file sistem.

I. Screen Saver

Screen Saver adalah utilitas yang menyebabkan perangkat layar tampilan menampilkan gambar bergerak atau layar kosong jika tidak ada aktivitas pada keyboard atau mouse selama waktu yang telah ditentukan.

J. Kriptografi Utilitas

Kriptografi Utilitas dapat membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.

 

  • Program Utilitas External (Bukan Bawaan)

Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.

A. Registry Cleaner

Registry Cleaner adalah program utilitas yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang menumpuk di registry yang membuat perlambatan pada komputer seperti booting lebih lama,sehingga jika kita telah meregistrinya maka akan menghilangkan perlambatan pada komputer.

Contoh : RegCleaner, JvPowerTools, Norton System Works, Registry Cleaner, Advanced SystemCare, SystemSuite, TuneUp Utilities, BoostSpeed, System Mechanic Professional (SMP), Advanced System Optimizer (ASO), Advanced SystemCare, CCleaner.

Penyebab komputer menjadi lambat seringkali disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya disebabkan oleh sisa-sisa registry yang sudah tidak terpakai. Beberapa tools utilities untuk registry cleaner, banyak yang kesulitan/belum mampu mendeteksi secara keseluruhan pada sistem registry komputer. Kesalahan mendeteksi sebagai registry yang usang juga sering ditemui, ujung-ujungnya komputer sering hang karena salah mendeteksi dan menghapus dari sebuah registry. Dengan software bernama Registry Cleaner 2010 v4.0.0.0 ini, mungkin kita akan sedikit terbantu dengan mengidentifikasi masalah dan memperbaiki kesalahan komputer, meningkatkan kecepatan dan kinerja, serta mencegah komputer crash/hang.

Sekilas jika di pandang, software ini sedikit mirip dengan Registry Booster 2010 untuk proses Registry Scan, Restore, hingga untuk Overviewnya. Tampilan overview dari Spotmau Registry Cleaner 2010

B. Anti virus (Virus Scanner)

Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di background/tray icon jika diaktifkan.

Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, dan lain-lain.

SMADAV

Smadav merupakan antivirus local. Banyak virus yang dapat ditangani oleh antivirus smadav, sampai saat ini jumah virus yang dapat ditangani oleh smadav terus mengalami perkembangan dan jumlahya sudah mencapai ribuan. Kita dapat langsung melihat langsung pada antivirus tersebut.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTIVIRUS SMADAV

Kelebihan SMADAV :

  1. Mampu membunuh Virus lokal

Meskipun tidak sebagus antivirus luar tapi Smadav ini mampu membasmi banyak virus terutama virus-virus komputer yang biasa menyerang para pengguna komputer di indonesia.

  1. Bisa digabung dengan antivirus lain

Jika anda belum yakin dengan antivirus smadav atau untuk menutupi kekurangan antivirus ini anda bisa menggabungkan smadav dengan antivirus seperti Avira, AVG bahkan Kaspersky, karena smadav termasuk minimal antivirus yang tidak akan memberatkan PC anda.

  1. Flashdisk security yang Top

Meskipun terkadang Mr. Iso repot dengan pembuatan folder Smadlock dan autorun.inf tapi justru aplikasi Smadav ini melakukan tugasnya dengan baik, karena sebagian besar virus komputer lebih cepat menular melalui flashdisk dibanding internet sendiri.

  1. Cocok buat pengguna Offline

Smadav tidak terlalu sering melakukan update dan cara updatenya pun gampang, tidak sering update bukan berarti antivirus ini jelek, tetapi smadav dalam satu kali update memang memberi banyak penyempurnaan, bukan hanya dari database tapi dari sistem aplikasi smadav itu sendiri

  1. Smadav Pro yang murah

Meskipun banyak key Smadav Pro bajakan di internet, sebaiknya anda melakukan donasi untuk membeli smadav pro, selain memberikan apresiasi pada pembuat juga anda tidak mencuri apa yang menjadi hak programmer smadav, untuk donasinya pun tergolong mudah dan mudah di banding membeli antivirus lain, dengan Smadav Pro anda bisa mendapatkan kualitas dan layanan sampai 10x lipat dari smadav free.

Adapun kekurangan dari SMADAV :

Tidak mampu atau tidak maksimal menangani virus dari luar Cuma bisa specialis virus local.

C. Spyware Remover

Spyware Remover adalah program utilias untuk mendeteksi dan menghapus spyware dan adware. Spyware adalah program yang ditempatkan pada sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunanya yang secara diam-diam akan mengumpulkan informasi mengenai pengguna terutama yang behubungan dengan penjelajahan di web.

Spyware akan mengirimkan informasi sensitif tentang Anda melalui Internet tanpa sepengetahuan atau persetujuan. Pelajari lebih lanjut tentang cara untuk melindungi privasi Anda dengan blocker Spyware dan remover. Sebuah blocker remover spyware yang akan melindungi komputer Anda dalam dua cara yang berbeda.

Pertama,

ada perlindungan real-time yang menghambat semua upaya untuk menginstal spyware. Fungsi kedua melibatkan pemindaian seluruh komputer dan menghapus semua Spyware yang ada. Dasar program Anti-Spyware kadang-kadang hanya akan mampu melakukan fungsi.

kedua,

pemindaian dan menghilangkan Spyware, karena ini jauh lebih mudah daripadapemblokiran Spyware secara real-time. Oleh karena itu Anda harus mencariprogram Spyware blocker remover ketika Anda memilih program Anti-Spyware, karena program tersebut memberikan perlindungan lebih dari program pemindaian dasar. Sebuah program jenis ini akan bekerja dalam cara yang mirip dengan program Anti-Virus. Spyware blocker dan remover akan memeriksa semua data jaringan yang masuk pada file disk selama download. Semua komponen akan terbaca oleh program itu untuk segera diblokir apabila mencurigai file tersebet. Beberapa program Spyware blocker dan remover juga akan memblokir upaya untuk mengubah pengaturan browser Anda dan semua upaya untuk menginstal item start-up. Tidak seperti Spyware remover, spyware remover sederhana adalah lebih mudah untuk membangun karena hanya memiliki fungsi untuk memeriksa isi dari Registry Windows, program yang diinstal pada file sistem operasi dan menghilangkan Spyware saat ditemui. Maka itu di sarankan pada Sebuah Spyware blocker dan remover karena itu akan menjaga komputer Anda dan privasi Anda jauh lebih aman, karena Spyware akan diblokir.

Pada awalnya, sebagian besar Anti-Spyware program difokuskan untuk menemukan Spyware yang ada di komputer dan menghapus mereka. Sebagai masalah Spywareyang tumbuh, jenis yang lebih baik dari program Anti-virus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, blocker Spyware dan remover. Salah satu program pertama dari jenis ini dikembangkan oleh Javacool Software dan SpywareBlaster. Hal ini menawarkan perlindungan real-time dan difokuskan pada pemblokiran Spyware berbasis ActiveX, tetapi juga mampu melihat dan memblokir banyak jenis lain dari Spyware juga. Namun itu difokuskan pada perlindungan real-time, dan bukan pada scanning dan menghapus file yang ada. Kemudian, lain Spyware blocker dan program remover diperkenalkan; program yang menggabungkan untuk memblokir dan menghapus fungsi yang lebih efektif. Contoh Spyware blocker tersebut dan program remover adalah Windows AntiSpyware dan Ad-Aware dari Lavasoft.

Untuk kebanyakan pengguna, disarankan untuk memilih blocker Spyware dan program remover bukan program Anti-Spyware yang hanya mampu untuk satu tugas. Bahkan dengan Spyware blocker yang baik dan program remover Anda tidak benar-benar keluar dari jalan merugikan. Jika blocker Spyware dan program remover gagal untuk memblokir program Spyware, Spyware kadang-kadang dapat menahan kemudian mencoba untuk menghapus atau uninstall.

Beberapa Spyware cerdik menciptakan program bekerja yang berpasangan. Ketika blocker Spyware dan program remover menemukan salah satu program dan menghentikan aksi-aksinya, program Spyware lainnya segera akan memulai kembali. Lainnya program Spyware yang dirancang untuk pemberitahuan mencoba untuk menghapus kunci registry dan cepat dapat menambahkan kunci Registry lagi. Jika Anda mengalami masalah seperti dengan program anda, anda dapat mencoba booting komputer Anda dalam mode aman. Hal ini biasanya akan memberikan Anda Spyware blocker dan program remover dengan kesempatan yang lebih baik yang akhirnya menyingkirkan Spyware tanpa henti. bentuk baru dari Spyware dan Adware berbahaya terus diciptakan dalam rangka untuk melindungi komputer Anda dari gangguan tersebut.

D. Internet Filter

Internet Filter adalah program yang menghapus atau menghentikan hal-hal tertentu agar tidak ditampilkan.Tiga jenis internet filter yang digunakan secara luas adalah anti spam(menghapus spam sebelum masuk ke inbox kita), popup blocker(menghentikan pop-up agar tidak ditampilkan pada halaman web) dan web filter(membatasi akeses ke materi-materi tertentu pada web).

Contoh : Net Nanny

E. Kompresi file

Kompresi file adalah program utilitas yang berfungsi untuk menyusutkan ukuran file.File Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip, Izarc,Winrar, dll.

Winzip :

Software ini dikembangkan oleh WinZip computing. Inc. dan dijual ke pasaran seharga US$29. besar software ini 2.26 MB dan versi trialnya dapat di download di http://www.winzip.com. Mungkin karena software ini termasuk generasi pertama dari software-software kompresi, maka software ini tidak menyediakan banyak pilihan ketika hendak menyimpan file hasil kompresi. Software ini hanya menyediakan sebuah tipe file kompresi yaitu tipe .zip. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan versi terakhir dari WinZip yaitu versi 9.0. Secara umum software ini compatible di windows 98, ME, NT. 4.0, 2000 dan XP sehingga software ini banyak dipakai oleh para pengguna windows. Besar minimal hard disk yang digunakan adalah 8 MB dengan besar minimal memory yang dibutuhkan adalah 32 MB. Software ini dapat membuka file-file kompresi yang berekstensi .b64, .cab, .gz, .lzh, .mim, .tar, .uue, .xxe dan.zip.

Berbagai fitur pendukung tersedia dalam software ini seperti fungsi klik kanan, drag & drop, back-up, self-extractor, tips, dokumentasi, pengiriman file langsung ke e-mail, viewer, fungsi scan virus, proteksi dengan menggunakan password dan multi-disk splitter. Fungsi ’klik kanan’ yang berisikan berbagai macam fungsi ringkas sangat membantu pengguna untuk dengan cepat mengkompres atau mengekstrak sebuah file kompresi. Fungsi ’drag & drop’ sangat berguna sekali ketika ingin mengkompres sebuah file ke sebuah file kompesi yang telah eksis sebelumnya atau ingin mengekstrak sebuah sebuah file dari beberapa file kompresi ke folder-folder yang berbeda.

Selain itu software winzip dapat langsung terkoneksi ke outlook express atau software e-mail client lainnya yang aktif di komputer tersebut, tentunya ini sangat membantu bagi para pengguna komputer yang mempunyai e-mail dengan menggunakan sistem SMTP/POP3. Fasilitas ’viewer’ adalah fasilitas untuk melihat isi file kompresi sebelum di ekstrak dalam tiga bentuk yaitu notepad, winword dan text (internal ASCII). Fasilitas ’scan virus’ adalah fasilitas untuk men-scan file kompresi dengan software antivirus yang terinstall dalam komputer tersebut. Selain itu, file-file kompresi tersebut dapat ’diproteksi’ dengan mengaktifkan sebuah password. Satu hal yang paling menarik, untuk software-software yang berkapasitas lebih dari 65 KB, WinZip dapat ’mensplit’ file-file tersebut ke dalam beberapa file yang lebih kecil. Beberapa fasilitas pendukung ini sangat membantu dalam proses kompresi yang akan dilakukan membuat software WinZip menjadi salah satu pilihan sebagai software kompresi yang direkomendasikan.

Data kerja yang penting, rahasia dan sangat pribadi bisa disembunyikan dengan cara yang sederhana. Meski terlihat sederhana, cara ini sebenarnya dapat ‘cukup’ mempersulit penyusup yang berupaya membobol. Cukup dengan piranti lunak kompresor yang terkenal dalam OS Windows, Winzip.

Caranya begini. Pertama-tama kompres data penting Anda dengan cara klik kanan, pada konteks menu yang muncul pilih [WinZip] > [Add to Zip file…]. Sebuah jendela baru akan muncul, beri tanda pada kotak Encrypt added files. Jangan lupa tentukan juga lokasi dan nama file pada kotak yang telah disediakan. Kalau sudah klik tombol [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Sekarang Anda telah mempunyai satu paket data yang telah terkompres serta dilengkapi kata sandi.

Kalau ada banyak jenis format data, buat paket tersendiri agar lebih mudah mengelompokkannya. Buat paket zip yang dilengkapi dengan kata sandi seperti cara diatas. Nah, ini bagian yang penting. Jika hanya dengan cara demikian, data masing bisa diakali oleh pembobol meski kata sandi sudah panjangnya minta ampun.

Banyak piranti lunak yang berfungsi untuk membuka kunci file zip terproteksi dengan mudah. Oleh sebab itu kita coba berikan gembok yang berlapis-lapis, kalau perlu dirantai besi sekalian. Caranya begini, pilih file zip yang akan dilapis keamanannya. Gunakan tombol [Ctrl] pada keyboard untuk memilih file satu persatu. Klik kanan kemudian pilih menu [WinZip] > [Add to Zip file…]. Beri nama file juga tentukan lokasinya lalu beri tanda pada kotak Encrypt added files. Klik [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Caranya sama dengan langkah pertama.

Yang membedakan adalah isi paket zip yang terkandung didalamnya harus dibongkar sebanyak dua kali sebelum bisa dilihat isinya. Nama dan jumlah file bahkan tidak bisa dilihat jika kata sandi pada lapisan pertama belum dimasukkan. Kalau memang data penting sekali dan Anda punya banyak waktu, buat saja banyak lapisan. Jadi istilahnya paket didalam paket. Tapi ingat jangan sampai lupa ‘kuncinya’.

Tipe file teks yang bisa cukup bagus dan bisa digunakan adalah RTF (Rich Text Format). Format ini mendukung format teks seperti tebal, miring, dan garis bawah. Gambar dan tabel bisa disisipkan untuk mempercantik dokumen. Dan yang juga penting, tipe file ini jarang menjadi incaran virus yang suka usil seperti kepada file Doc. Kelemahan RTF adalah format ini tidak bisa diamankan dengan kata sandi.

Apa jadinya bila teknologi kompresi file belum ditemukan? Entahlah, yang jelas aktivitas pertukaran data di Internet tidak semudah sekarang. Bayangkan bila Anda harus mendownload sebuah aplikasi yang terdiri dari ratusan file yang tidak terkompresi. Tak terkira waktu dan bandwidth yang tersita di sana.

Sepintas hal ini terdengar seperti mustahil. Bagaimana mungkin komputer yang telah memperkecil (dengan mengurangi jumlah bitdan byte data) sebuah file bisa mengembalikannya tanpa perubahan apapun? Padahal ide dasar di balik teknologi ini sebenarnya sangat sederhana: membuang pengulangan.

Kerja dari Program :

  1. Mencatat Pengulangan

Sebagian besar tipe file digital mengandung pengulangan. File-file tersebut memiliki informasi yang sama yang ditampilkan secara berulang. Aplikasi kompresi file membuang pengulangan-pengulangan tersebut. Alih-alih menampilkan potongan informasi yang sama secara berulang, aplikasi kompresi mencatat informasi tersebut satu kali saja, dan akan menduplikasikannya kembali saat file diekstrak.

Sebagai contoh, perhatikan tipe informasi yang sangat akrab dengan kita berikut ini: kata. “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.” (terjemahan kutipan dari Presiden AS, John F. Kennedy). Kutipan tersebut memiliki 15 kata, yang terdiri dari 74 karakter, 14 spasi, dan 2 titik.

Jika setiap huruf, spasi, dan tanda baca mengambil satu unit memory komputer, kita mendapatkan file dengan ukuran 93 unit. Untuk memperkecil ukuran file tersebut, kita harus memperhatikan pengulangan yang terjadi. Sekejap kita mendapatkan data berikut:

“tanya” muncul 2 kali

“apa” muncul 2 kali

“yang” muncul 2 kali

“negara” muncul 2 kali

“berikan” muncul 2 kali

“pada” muncul 2 kali

“Anda” muncul 2 kali

Secara kasar, setengah dari kutipan JFK di atas adalah pengulangan. Tujuh kata (tanya, apa, yang, negara, berikan, pada, Anda) memberikan hampir semua informasi keseluruhan kutipan. Untuk membangun setengah kutipan bagian akhir, kita hanya menunjuk kata-kata yang ada pada setengah kutipan bagian awal, dan mengisinya dengan spasi.

  1. Algoritma Pengulangan

Kebanyakan aplikasi kompresi menggunakan variasi algoritma dictionary-based LZ (yang diambil dari dua nama penemu algoritma ini, Lempel dan Ziv) untuk mengecilkan file. Sistem ini membuat semacam katalog dengan deretan angka. Kembali ke kutipan JFK di atas, kita bisa membuat katalognya sebagai berikut:

Tanya.Apa.

Yang.

Negara.Berikan.

Pada.

Anda.

Dari katalog di atas, kita dapat merumuskan kutipan JFK menjadi:

“Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.”

Itulah algoritma pengulangan yang digunakan oleh aplikasi kompresi untuk mengecilkan ukuran file, dan merekonstruksinya kembali ke ukuran semula. “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” ditambah daftar kata dalam katalog, tentu lebih pendek daripada “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.”

Dari contoh di atas, kita berhasil memampatkan kutipan JFK dari 93 unit menjadi 36 unit untuk kalimat yang terkompresi, dan 54 unit untuk katalog, atau total 90 unit. Ya, kita berhasil menghemat 3 unit! Namun, seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit,” proses kompresi file di komputer mengumpulkan yang sedikit itu, namun dalam jumlah yang besar.

  1. Menemukan Pola

Dari contoh di atas, kita mengambil semua kata yang digunakan berulang dan meletakkannya di dalam sebuah katalog. Bagi kita, ini adalah cara yang paling lazim digunakan untuk menulis kamus, index, atau glosarium. Tapi, sebuah aplikasi kompresi melihatnya sedikit berbeda: algoritma kompresi tidak mengenal kata-kata yang terpisah, melainkan mencari pola atau pattern.

Untuk semakin memperkecil ukuran file, aplikasi kompresi memilih pola apa yang harus dimasukkan dalam katalog. Bila melihat kutipan JFK di atas dari sudut pandang ini, kita akan mendapatkan isi katalog yang benar-benar berbeda dari contoh di atas. Aplikasi kompresi memindai kutipan JFK, pengulangan pertama yang dicatat adalah pola huruf  “a” dan  “n” yang dikuti oleh spasi.

Pada frase pertama kutipan tersebut, “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda.” terdapat empat pola huruf  “a” yang dikuti spasi. Dua pola gabungan huruf  “an” yang diikuti spasi pada “jangan” dan “berikan”. Dua pola gabungan huruf  “ang” pada kata  “jangan” dan “yang”, serta pola-pola lain yang mungkin luput dari perhatian kita.

Berbekal katalog pola (bukan kata) inilah aplikasi kompresi memampatkan sebuah file hingga 90% bahkan lebih, terutama pada file yang memiliki banyak pola yang berulang, misalnya pada file-file yang di dalamnya terdapat tag (HTML, XML, TIFF, dan lain-lain).

 

F. CD/DVD Burning

CD/DVD Burning adalah utilitas untuk menulis dan memperbaiki masalah-masalah pada sistem operasi atau disk dan memperbaiki kinerja komputer.

CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau DVD.

Contoh : Ahead Nero 6, InfraRecorder, CDBurnerXP, ImgBurn, BurnAware Free, DeepBurner, Burrrn, Ashampoo Burn Free,Tiny Burner, cdrtfe, Nero Kwik Burn/ Nero Lite 10, dll.

Nero :

Nero Kwik Burn drag dan drop burn, burn data gambar,audio dan video dengan mudah, dengan membawa nama besar NERO sebagai salah satu software burning rom Nero terbaik,Nero Kwik Burn diperkenalkan untuk memompa penjualan nero kwik media salah satu software terbaru dari nero, Lengkap namun filenya besar.

 

Cara menduplikat isi CD atau DVD ke dalam keping CD atau DVD yang lain.

Begitu Nero Burning ROM aktif, lakukan langkah‐langkah di bawah ini:

  1. Masukkanlah CD Master‐nya terlebih dulu.
  2. Kalau Anda hanya punya 1 CD Writer saja, matikan option Use multiple recorders.
  3. Untuk mencegah terjadinya kegagalan, Nero Burning ROM menawarkan alternatif Buffer underrun protection.
  4. Apabila Anda ingin menggunakan opsi Simulation, matikan option Buffer underrun protection di atas.
  5. Terakhir, tekanlah tombol Copy .

Proses pembakaran CD sama dengan proses yang terjadi saat kita menggunakan Nero Express. Nero akan merekam seluruh data yang ada di CD Master ke dalam hard disk. Selanjutnya, data itu akan dipindahkan ke dalam CD Destination yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Cara Membakar (Burning) CD/DVD menggunakan Nero StartSmart 10 :

Cara burning CD ini mudah tapi masih belum terlalu banyak orang yang ingin mengetahuinya. Karena adanya fasilitas yang lain yang lebih mudah tanpa harus Burning. Yaitu contohnya saja Hard disk eksternal dan Flash Disk yang lebih mudah dan simple digunakan.

Cara burning CD/DVD biasanya berguna untuk menyimpan/membackup data-data berupa gambar di dalam laptop anda. Dan berguna juga untuk menyimpan file yang akan di berikan kepada teman kita.

Ada beberapa tahap Burning CD dan DVD dengan Menggunakan software Nero Startsmart :

Sebelumnya anda harus mempersiapkan CD/DVD blank yang akan digunakan sebagai penyimpan data dan tentunya Fasilitas Nero Startsmart yang sudah terinstal di laptop/komputer anda.

  1. Masukkan CD/DVD blank anda yang akan di isi file. Dan Jalankan program Nero Startsmart. Sehinggga muncul tampilan awal Nero seperti gambar di bawah.
  2. Arahkan Pointer ke menu Data

Dan akan muncul tampilan sepeti gamber di bawah, pilih Burn and Copy Data

  1. Lalu muncul lagi tampilan seperti di bawah ini , pilih ” data CD” jika anda ingin burning data ke CD . pilih “data DVD” jika anda ingin burning ke DVD

Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar yang ada di bawah ini ,

untuk memasukan data pilih lah kolom add , seperti gambar di bawah ini yaitu

sesudah itu semua data yang anda masukan terdapat di dalam kotak, di bawah kotak tersebut terdapat jumlah kapasitas dari CD tersebut kemudian klik “next” perhatikan gambbar di bawah ini

Lalu kita menentukan lokasi CD kita tersebut pada kolom “Current Recorder” ,

selanjutnya , berilah nama untuk CD yang kita bakr tersebut , pilih “Disc Name” untuk memberi nama

Selanjutnya pilih “burn” untuk melanjutkan,

Dan ini lah proses membakar (burning) CD tersebut, tunggu lah progress hingga 100% , jika sudah selesai dan berhasil maka CD/DVD yang anda bakar (burning) tersebut akan meng eject (keluar) sendirinya dari cd room leptop/komputer anda.

 

Sumber :

  • https://www.academia.edu/9779485/Jenis-jenis_sistem_operasi
  • http://dosenit.com/software/sistem-operasi/contoh-sistem-operasi-komputer-dan-penjelasannya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_utilitas
  • https://plus.google.com/109801063454365653886/posts/VGh7o5SFXBC
  • http://www.boyzeru.ga/2014/06/contoh-utilitas-internal-dan-eksternal.html
  • http://asep.ilearning.me/sl501d/po7-memiliki-5-artikel-os-di-ime/5-kelebihan-dan-kekurangan-windows-linux-dan-mac-os/

Leave a Reply

Your email address will not be published.