MINGGU-MINGGU PERTAMAKU DI UNIVERSITAS GADJAH MADA

Hai gays…
Apa kabar hari ini, apakah kamu sudah bersyukur dan menikmati hidupmu?
“selamat datang Gadjah Mada Muda” atau yang akrab disapa GAMADA, itu adalah kalimat yang membuatku merinding dan bangga melalui saat melalui hari-hari PPSMB 2016 di Universitas Gadjah Mada tercinta ini.
Aku akan berbagi sedikit pengalaman dan kesan selama aku menjalani Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru 2016.
PPSMB 2016 kemarin berlangsung selama 6 hari yaitu 2 hari untuk universitas, 2 hari untuk fakultas, dan 2 hari untuk prodi (program studi). Tapi sebelum itu juga diadakan gladi bersih untuk memberikan araham kepada maba tentang PPSMB 2016.
Hari pertama tepatnya pada 1 Agustus 2016, kita para gamada berkumpul di lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana untuk melaksanakan upacara pembukaan PPSMB 2016. Gamada disambut dengan berbagai aksi yang menakjubkan dan juga orasi dari rektor UGM ibu Dwikorita dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan tokoh lain yang membangkitkan semangat para Gamada untuk menuntut ilmu di kampus tercinta UGM ini. Ada aksi terjun payung, aksi untuk perkenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang sungguh membuat para Gamada penasaran. Saat hari pertama, para Gamada benar-benar dibuat terkesan dengan banyak kejutan yang telah disiapkan oleh panitia PPSMB 2016. Pada saat hari pertama, kita sudah dibagi menjadi beberapa gugus, dan aku masuk ke dalam gugus Hardjono 10. Dan pada saat itu juga, kita sudah bisa memakai almamater UGM sebagai tanda bahwa kita sudah benar-benar menjadi mahasiswa UGM. Masing-masing gugus masuk ke kelas yang sudah ditentukan. Disana kita didampingi oleh cofas dan diberi materi untuk lebih mengenal UGM itu seperti apa. Tetapi bukan hanya itu, kita juga bermain beberapa permainan, saling mengenal, dan juga diberi motivasi agar lebih dekat dan erat antara sesama Gamada dan mahasiswa lain. Tentu saja itu hal yang sangat menyenangkan. PPSMB universitas berlangsung selama 2 hari dari tanggal 1-2 Agustus 2016
Saatnya para Gamada menjalankan PPSMB Fakultas. Aku masuk fakultas Vokasi yang mahasiswanya paling banyak diantara fakultas lain. PPSMB fakultas atau PPSMB Permadani diadakan di dalam gedung Grha Sabha Pramana dan juga didampingi oleh cofas yang berbeda lagi. Selama PPSMB Permadani berlangsung selama 2 hari dari tanggal 3-4 Agustus 2016 kita diperkenalkan lebih dekat dengan Fakultas Sekolah Vokasi dan apa saja di dalamnya. Semua itu berlangsung sangat seru karena kita berkenalan dengan lebih banyak lagi mahasiswa baru. Kita juga disuguhkan berbagai penampilan dan sambutan yang hangat dari Dekan Fakultas Sekolah Vokasi yaitu Pak Wikan Sakarinto.
Setelah selesai dengan PPSMB masing-masing fakultas, saatnya menjalani PPSMB prodi. Prodiku adalah rekam medis dan pastinya semua mahasiswa prodi rekam medis dikumpulkan menjadi satu untuk lebih mengenal tentang prodi rekam medis. Selama PPSMB prodi, kita juga diberikan permainan dan pengalaman yang sangat berkesan yang membuat sesama mahasiswa prodi rekam medis lebih mengenal satu sama lain.
Dan tibalah di hari terakhir pada tanggal 6 Agustus 2016 yang sekaligus sebagai hari penutupan serangkaian acara PPSMB 2016. Tidak kalah seru dari hari pembukaan. Kita dipandu oleh masing-masing cofas menuju lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana untuk melaksanakan upacara penutupan. Kita menutup serangkaian acara PPSMB 2016 dengan membuat formasi yang sangat sangat keren dan mengesankan yang disaksikan oleh berjuta pasang mata dan sangat ditunggu-tunggu. Kita para Gamada 2016 membentuk formasi yang merupakan gabungan dari formasi-formasi sebelumnya. Saat eksekusi formasi dan diperlihatkan secara bergantian, semua Gamada menjerit histeris karena bahagia dan tidak percaya bahwa mereka bisa membentuk formasi yang menakjubkan itu. Dan kita juga melakukan selebrasi pompom yang diiringi lagu PPSMB Palapa diserta gerakan-gerakan yang energik dan asyik.
Semua kenangan dan kesan yang dialami para Gamada 2016 kemarin tidak cukup diungkapkan dengan kata-kata. Terdapat rasa bangga, bahagia, haru yang bercampur aduk menjadi satu yang akan selalu dikenang selamanya betapa berartinya para Gamada diterima di kampus tercinta Universitas Gadjah Mada. Semoga para mahasiswa UGM bisa menjadi generasi emas yang bisa memajukan bangsa Indonesia dan seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.